Pareto [INSIGHTS]


Pareto adalah suatu konsep dalam management bisnis yang menyebutkan bahwa 20% dari suatu hal berkontribusi kepada 80%.

Apa maksudnya?

Contoh sederhana. Asumsi jika penduduk Indonesia adalah 200 juta jiwa. Jika asumsi total kekayaan rumah tangga indonesia adalah 2 Triliun USD. Maka 20% dari 200 juta jiwa yaitu 40 juta orang memiliki kekayaan 1.6 Triliun USD. Sedangkan 80% orang sisanya yaitu 160 juta jiwa jika kekayaan nya digabungkan memiliki kekayaan total 0.4 Triliun USD.

Hal yang sama juga umumnya berlaku di banyak hal dalam kehidupan kita, coba mulai lah mencatat pengeluaran anda hari per hari, pos per pos. Anda akan menemukan bahwa 80% total pengeluaran anda dikontribusikan oleh hanya 20% pos, misalnya makanan, transport, cicilan, dan kencan! Sisanya dikontribusikan oleh berbagai pos kecil seperti pulsa, kesehatan, olahraga, ataupun yang lainnya. Tentu setiap orang memiliki jenis pos / kontribusi yang berbeda.

Apa implikasinya?

Sama halnya juga dengan management customer, hanya 20% customer yang berkontribusi kepada 80% omzet total kita. Oleh karena itu fokus kita 80% harus difokuskan kepada 20% customer yang berkontribusi kepada 80% total omzet tersebut. Apalagi yang harus kita perbuat agar mereka puas? Bagaimana caranya membuat mereka mereferensikan produk kita? Apakah produk kita sudah cukup baik? Apakah mereka mau membeli ulang produk kita?

Begitu juga dengan management sales person, jika kita punya total 10 sales. Maybe hanya sekitar 2 sales yang kelihatannya selalu berkontribusi cukup baik dan 80% omzet perusahaan dikontribusikan oleh dia. Bukan berarti kita tidak perlu melatih sales yang lain, tapi ada baiknya kita memiliki skala prioritas dan pengalokasian waktu yang jelas agar kita tidak terlalu repot mengurusi hal kecil tapi mulai fokus kepada hal besar.

Ingat, waktu kita terbatas. Semua orang hanya diberi waktu 24 jam. Manfaatkan waktu Anda dengan baik 

Comments