Added value [INSPIRATIONS]

Seringkali kita mendengar coke dijual di minimarket seharga 5000.
Ketika dia dibawa ke restoran maka harganya akan meningkat menjadi 10,000 karena orang tidak punya pilihan jadi wajib memesan minum di restoran itu
Lalu lain halnya ketika coke tersebut ada di hotel bintang 5, dimana dia berteman dengan wine, mocktails, cocktails, dan minuman beralkohol lainnya. Coke tersebut ketika disajikan akan berharga 25,000 karena disajikan dengan gelas kristal, es batu, dekorasi payung di atas gelas, waitress dengan rok mini, dan even tatakan gelas custom dengan logo hotel tersebut.
Mungkin penambahannya terlihat tidak signifikan, hal yang kelihatannya kecil. Tapi memang added value tidak harus selalu kelihatan besar, yang penting adalah dampak manfaat bagi pembelinya.
Tanah yang berada di pinggiran kota akan dihargai mungkin 500rb per meternya. Ketika tanah itu diratakan dengan jalan utama maka harganya akan meningkat menjadi 1 juta per meternya. Ketika dibangun rumah di atasnya maka harganya akan meningkat kembali menjadi 2 juta per meternya. Lalu ketika rumah itu dihuni maka harganya akan meningkat lagi menjadi 3 juta per meternya. Bagaimana meningkatkan nya lagi ? Adalah dengan membuat rumah di sebelahnya, yang juga nantinya akan di huni. Rumah yang pertama tadi mungkin akan meningkat kembali menjadi 3.5 juta per meter. Keberadaan added value di sekitarnya juga akan meningkatkan nilai dari tanah tersebut
Sudah jelas keberadaan kita di dunia ini adalah utk memberikan nilai tambah. Kalau kita tidak memberikan nilai tambah maka kita harus siap utk digantikan dengan benda / orang lain yang bisa memberikan nilai tambah tersebut.
Sama dengan ibarat garam. Jumlahnya kecil, tidak banyak. Tapi ketika ditaruh di masakan maka akan menambah rasa asin dan selera makan si pengguna. Tidak perlu dalam jumlah banyak. Yang penting garam tersebut harus bisa memberikan rasa asin. Ketika garam tersebut menjadi hambar orang tidak akan menggunakannya lagi.
Mari berpikir dan merenung bersama nilai tambah apa yang bisa saya berikan dimanapun kita berada.




Comments