Law of Diminishing Returns [INSIGHTS]


Mungkin hukum ini terdengar baru dan aneh buat yang baru pertama kali membacanya

Dalam ekonomi dikenal suatu hukum yaitu hasil yang semakin menurun seiring dengan produksi yang ditingkatkan terus menerus, dengan asumsi seluruh faktor lainnya dianggap konstan. Bingung? Bayangkan ketika kita habis berolahraga 2 jam non stop, lalu keringatan kuyub sekali sampai baju basah dan kemudian kita beli 1 botol minuman isotonik 600 ml. Segar! Haus langsung hilang. Tapi rasanya masih kurang ya? Yuk beli 1 botol lagi minuman isotonik 600 ml, ooops setelah menengak 300 ml rasanya sudah agak kembung ya dan tidak mau melanjutkan lagi.

Ini yang disebut law of diminishing returns. Artinya kalau kita tetap melanjutkan produksi / cara yang sama kepada suatu hal, output nya / hasil yang diharapkan akan semakin menurun. Jadi apa implikasinya? Bahwa kita harus selalu berinovasi dan menciptakan sesuatu yang baru terus menerus!

Kenapa brand besar selalu menciptakan produk baru? Karena produk yang telah diluncurkan memiliki apa yang disebut life cycle, ketika mencapai periode tertentu produk tersebut seakan terkesan usang dan orang tidak lagi tertarik untuk melihat ataupun membeli produk tersebut. Inovasi dibutuhkan agar market tetap antusias kepada brand. Entah itu produk baru, promosi baru, apapun yang baru selalu menarik perhatian publik / market.

Sama halnya juga waktu kita pakai baju baru ke kantor, semua mata memandang dan banyak yang berkomentar. Wah baju nya baru ya? Bagus ya warnanya. Penampilan kamu hari ini bagus ya? Melakukan hal baru tidak perlu terlalu extreme, kadang produk baru seperti apple hanya menambahkan 1 atau 2 feature dan membungkus nya dengan gimmick atau presentasi yang menarik sehingga market rela membayar lebih untuk produk baru tersebut.

Jadi, sudah beli baju baru bulan ini?

Comments