Consumer Behavior [INSIGHTS]


Salah satu kunci keberhasilan dalam marketing adalah consumer behavior. Consumer behavior seringkali dianggap sepele oleh marketing. Padahal tanpa pembelajaran mengenai consumer behavior kita tidak bisa mendapatkan transaksi yang kita inginkan.

Semenjak tahun 2001 surat kabar versi cetak mengalami penurunan yang drastis, orang orang yang tadinya terbiasa membaca berita versi cetak sekarang lebih memilih membaca via web, portal berita, daily digest seperti LINE TODAY, ataupun via social media seperti facebook, instagram atau whatsapp.

Banyak perusahaan yang mulai mendeklarasikan bangkrut sejak tahun 2008 dan terus menerus diikuti perusahaan lainnya. Berdasarkan laporan per 2015 di US, pembaca surat kabar mengalami penurunan sebanyak 35% dan reporter mengalami sebanyak 23%. Hal ini tentu bisa di antisipasi lebih baik ketika kita mengenal adanya perubahan consumer behavior.

Salah satu contoh menarik lainnya adalah game terbaru SONY yang dirilis tahun 2018 ini, yaitu God of War Franchise yang terjual 3.1 juta kopi di seluruh dunia. God of War adalah permainan aksi berbasis mitologi yang dikembangkan oleh Santa Monica studio pada tahun 2005. Anak-anak remaja menyukai game ini karena game ini mampu menyalurkan hasrat utk merusak dan menghancurkan serta di desain dengan visual yang menarik dan interaktif.

Salah satu key success factor God of War seri ke-4 yang diluncurkan tahun 2018 ini adalah mereka membaca anak-anak remaja yang dahulu memainkan gamenya pada tahun 2005 (diduga dahulu berumur 13-22 tahun) kini sudah menginjak usia 26 - 35 tahun. Ini berarti mereka sudah sibuk bekerja dan bahkan ada yang sudah memasuki usia pernikahan dan memiliki anak. Oleh karena itu dalam seri ke-4 nya ini mereka membungkus storyline nya dengan konsep bahwa tokoh utamanya ini sudah memiliki anak, dan anak nya ini membantu dalam petualangan nya menemukan jati diri dan latar belakangnya.

Santa Monica juga membungkus gimmick marketing nya di God of War seri ke-4 ini dengan tone yang lebih dewasa, serius dan pembawaan tokoh utama yang lebih berwibawa dan kebapakan. Mereka mengganti pengisi suara yang dahulu sudah mengisi sejak God of War pertama, dan menggantinya dengan pengisi suara yang lebih mature. Feedback positif pun didapat dimana-mana, baik dari ulasan pengguna, press release, dan akibatnya sudah bisa ditebak penjualan nya yang meroket.

Jadi, consumer behavior ini memang sedari dulu memainkan peranan penting dalam penjualan dan key success factor business. Apakah market / pembeli kita terbiasa menggunakan gadget untuk membaca berita? Apakah pengguna product kita menggunakan produk kita untuk investasi atau dipakai sendiri? Semua adalah pertanyaan yang harus bisa dijawab oleh seorang marketer.

Can you?

Comments